Bisa Tiduran di Alun-Alun Bandung

[Wisata – Jalanin dulu aja]

Alun-alun Bandung sudah banyak mengalami perubahan. Tapi, diantara banyak perubahan yang ada, mungkin perubahan yang dilakukan Ridwan Kamil (wali kota Bandung periode 2013-2018) yang sangat terasa pengaruhnya. Ya, karena lapangan luas depan Masjid Raya Bandung ini dulunya pernah dipenuhi oleh ratusan pedagang dan menjadi salah satu kawasan kumuh di Bandung.

Namun sekarang, beda cerita. Warga Bandung, tua maupun muda bisa menikmati Alun-Alun Bandung dengan berbagai macam kegiatan. Depan Mesjid ini di sulap menjadi ruang terbuka untuk publik, dan diberi rumput sintetis yang luaaaaas bangeeeet.

Namun gak seluas cinta kita sama Bandung. Asek. Nah kalau mau masuk ke bagian rumput ini, wajib banget buka alas kaki! Gak perlu khawatir sendal/sepatu kamu hilang atau dicuri, disini ada tempat penitipannya kok. Kalau mau dimasukin ke tas juga boleh aja.

image1

Apa yang paling asik disini? Kamu bisa melihat banyak kegiatan warga Bandung. Ada keluarga yang kumpul disini dari kakek-nenek sampe cucu-cucunya, ada yang duduk-duduk santai sambil menikmati cuaca kota Bandung, ada juga sekumpulan anak muda yang piknik seru disini. Asik? Tentu! Kalau kalian pagi-pagi kesini, ada juga orang-orang yang olahraga (ada taman kecil buat fitness dan arena bermain loh!), selain itu ada juga anak-anak TK-SD yang senam ceria bareng guru-gurunya. Oh itu belum seberapa. Di beberapa sudut, ada banyak bangku yang di isi oleh orang-orang yang sedang membaca koran, sedang ngobrol dengan teman/keluarganya, juga ada orang-orang tiduran di rumput sampai akhirnya beneran tidur. Be-ne-ran-ti-dur. Nah kan, keenakan.

Ya apapun aktivitasnya, satu hal yang mungkin dirasakan semua orang disini adalah bahagia. Ya, tentu bahagia ada ruang publik yang bisa di gunakan dengan gratis dan dikemas dengan menarik. Penasaran dengan foto lain dari Alun-Alun Bandung? Ini dia~

Salah Satu Gerbang Masuk

IMG-20151216-WA0003

IMG_3176

IMG-20151216-WA0002

Petunjuk arah. Arah Jodoh lurus belok kanan, ya itu ada mesjid dan bisa berdoa disana.

IMG_3179

IMG_3182

Buat teman-teman yang mau kesini, tuh harap dibacaaaa. Dilarang merokok! Walaupun denda nya gak keliatan, udah hilang entah kehapus apa 😦 ya pokoknya dilarang merokok dan jangan dilanggar ya! Untuk di area rumput juga gak boleh ada pedagang yang masuk dan beneran emang gak ada yang masuk. Kok bisa? Soalnya ada yang jaga, yang jaga ini banyak nya perempuan (ada laki juga sih πŸ˜› ) mereka menggunakan baju hijau tua (mungkin dari satpol PP). Kalau ada yang nanya arah kesana kesini, mereka juga siap bantu loh!

Foto terakhir diatas, itu bagian arena bermain yang bisa digunakan untuk sarana olahraga juga. Masih ada arena bermain di sebelah nya, penuh banget sama anak-anak. Sampe-sampe kita mau main aja gak kebagian. #lah

Sebenarnya ada arena perpustakaan juga disini, cuma lagi ditutup karena habis digunakan acara memperingati anti korupsi beberapa hari lalu. Terus kalau mau naik ke menara Mesjid setinggi kurang lebih 80m ini, tentu boleh bangeeeet! Sayangnya kita gak sempet naik karena di bagian bawah Mesjid lagi ada acara pengajian, dan menara baru dibuka kalau acara dibawah udah selesai. Ditunggu sampai 3 jam kemudian, masih belum dibuka juga 😦 sedih deh terus nangis di rumput.

Kita juga sempetin foto dengan background sisa dekor acara hari anti korupsi. Dekornya keren. Ada banyak poster yang mengandung arti tentang korupsi. Dan ini salah satu posternya.

1450178909586
In frame : Ardizza – Fasya

Nah, buat yang belum pernah kesini, beneran gak mau nih? πŸ˜€ Sambil mikir buat jawab, cek video 15 detik di instagram Fasya and Friends dibawah ini ya!

 

Lokasi :
Alun-alun Bandung
Depan Mesjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat
Jalan Asia Afrika

Tips dari Fasya and Friends :
– Kalau mau kesini tapi ingin sepi dan cuaca gak panas, kalian bisa datang pagi (jam 06.00-09.00)
– Parkir mobil/motor bisa di basement Alun-Alun Bandung
– Jangan buang sampah sembarangan
– Jika kalian muslim dan mendengar suara adzan, langsung melipir ke Mesjid untuk solat berjamaah

Nb : Tempat ini bisa saja mengalami perubahan, harap dibaca tahun penulisan postingannya ya.


Kontributor
Tulisan : Aulia Fasya
Blog fasyaulia.wordpress.com – Twitter @fasyaulia – Instagram @fasyaulia
Foto :
1. Ardizza Dwittarinda
Blog ardizzadwittarinda.wordpress.com – Twitter @ardizza –  Instagram @ardizza
2. Aulia Fasya

Salam,
Fasya and Friends
IG @fasyandfriends

Advertisements

16 Comments Add yours

  1. helga says:

    alun-alun instagram πŸ˜€

    nanti suatu saat mampir ah..

    Like

    1. instagram-able, cocok untuk selebgram kaya kamoh~

      Like

  2. Rumputnyaaa ijo unyuuuu πŸ˜€ pantes deh nggak boleh pake alas kaki kalau nginjek rumput :3 wkwkwk

    Gila ya ._. Alun-alun Bagus banget mbak -_- sumpah deh, kalah-kalah lah alun-alun Jogja ._.

    Like

    1. Berkat Ridwan Kamil nih hehehe.

      Hmmm alun-alun jogja tuh yang ada sepeda warna warni dan pohon beringin itu kan ya? Lupa-lupa inget πŸ˜€

      Like

      1. Ridwan Kamil itu bapaknya Bandung banget ya πŸ˜€ Banyak perubahan yang dia buat πŸ˜€

        wkwkwk Iya mbak πŸ˜€ Alun-alun Jogja khas sama pohon beringinnya πŸ˜€

        Like

  3. uwicitra says:

    Pokoknya kalo aku ke Bandung mau ditemeni sama Fasya and Friends πŸ˜†

    Like

    1. Sekalian ditemenin Kang Emil mau gak? Nanti aku kontak hahaha #soakrab

      Like

      1. uwicitra says:

        Hahahaha mau banget!! Apalagi sama batu akiknya :))

        Like

  4. sher says:

    lain dulu lain sekarang.. alun-alun bandung dulu terlihat kumuh sekarang sangat menawan.. semoga tetap terjaga semua fasilitas dan kebersihannya.. urbaan

    Like

  5. KOK ADA AKU SIH? Cakepan monkey-nya daripada akunya πŸ™‚

    Like

    1. Gak tahu kok ada teteh sih, nanti admin cari tahu dulu ya~

      Like

  6. bersapedahan says:

    sepi … tapi jadi keren fotonya … memang mesti pagi2 kesana dan … hari kerja .. jangan wiken atuh

    Like

    1. Tul kaaang harus weekday dan pagi. Asik deh buat foto-foto gak keganggu.

      Like

  7. RIDHAPW says:

    Cuma satu yang kurang nih, kadang suka bau kaki yah Sya. Entah karena setiap aku kesana pas lagi rame banget. Semoga memang ada pembersihan berkala agar kebersihannya selalu terjaga yah.

    Like

    1. Aku kesana pagi-pagi, sepi sih dan gak bau kaki cuma rumputnya agak basah aja kena embun pagi keknya. Hahaha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s