Belajar Sambil Bermain di Taman Sejarah

[Jalan-in Dulu Aja]

Pusing mikirin macet gak? Jangan dipikirin, tapi mari dialihkan – dengan berjalan-jalan. Tentunya jalan kaki. Menikmati setiap sudut dan fasilitas kota yang ada. Jalan-in dulu aja kali ini, kita mampir dan berhenti di taman yang masih baru ini. Yaaak! Taman Sejarah!

Asik ya Bandung, sejarah aja diabadikan menjadi taman yang cantik dan bisa dinikmati siapapun. Ridwan Kamil, selaku walikota memang tidak henti-hentinya memanjakan warga dan memberikan karyanya. Menurutnya, dengan adanya Taman Sejarah ini diharapkan warga Bandung bukan hanya membawa hati yang senang tetapi juga membawa pengetahuan baru mengenai sejarah – khususnya tentang Kota Bandung.

Di Taman Sejarah ini, terdapat ruangan Bandung Planning Gallery – yang berfungsi untuk tempat dimana warga bisa melihat pembangunan Kota Bandung dari masa lalu dan rencana di masa depan. Dengan adanya ruangan tersebut, diharapkan warga bisa melihat pembangunan secara transparan dan bisa memberikan responnya.

Selain terdapat Bandung Planning Gallery, disini terdapat foto-foto dan penjelasan mengenai walikota Bandung dari masa ke masa. Bahkan ada juga relief yang menceritakan sejarah Kota Bandung pada masa Wiranatakusumah. Kalau mengenal sejarah cuma dengan melihat dan membaca rasanya memang kurang menarik, maka dari itu tempat ini dibuat senyaman dan se-asik mungkin bagi semua kalangan – termasuk anak-anak.

Di Taman Sejarah, terkenal dengan kolam dangkal yang bersih, yang bisa digunakan untuk bermain. Kalau kamu kesini di jam anak-anak pulang sekolah atau sore hari, lokasi ini penuh dengan anak-anak yang bermain air. Senang sekali rasanya ruang publik dinikmati oleh warga.

Menurut kita, adanya Taman Sejarah ini sangat memberikan manfaat bagi warga – bahkan untuk semua kalangan. Kebayang gak sih kalau ada seseorang yang lagi jalan kaki terus tiba-tiba liat taman ini, dia mampir sambil berteduh dan baca-baca sejarah Kota Bandung yang ada disini. Pas pulang, dia mendapat pengetahuan baru – walaupun misalnya dia tidak sampai hafal. Tapi minimal pernah tahu. Setdah, itu keren banget!

Jadi, kamu kapan mau belajar sejarah bareng? Sini aja yuk!

——————

Anyway, ada sedikit tambahan cerita, kemarin waktu kita kesini ternyata tepat H-1 sebelum acara peresmian Taman Sejarah. Nah, jadinya lokasi mau di sterilkan, mau gak mau warga berkunjung hanya sebentar. Tapi yang seru adalah, satpam yang kerja disini ramah dan baik sekali. Mereka “mengusir” dengan cara yang baik, sopan dan cukup meng-enakan. Satpam pun mendatangi warga satu-persatu yang ada di lokasi, memberikan informasi dengan lembut. Kalau Pak Ridwan Kamil (atau jajarannya) baca ini, sampaikan salam untuk satpam-satpam yang bertugas disana. Terimakasih karena bekerja dengan baik. 

——————

Lokasi :
Taman Sejarah dan Bandung Planning Gallery
Alamat : Jalan Aceh No.51-53, Kota Bandung, Jawa Barat 40117, Indonesia

Nb : Tempat ini bisa saja mengalami perubahan, harap dibaca tahun penulisan postingannya ya.


Kontributor
Tulisan dan Foto : Aulia Fasya
Blog fasyaulia.wordpress.com – Twitter @fasyaulia – Instagram @fasyaulia

Salam,
Fasya and Friends
IG @fasyandfriends

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. bersapedahan says:

    ide taman sejarah kerenn .. mengenalkan sejarah bandung dengan cara yang asyikk .. sambil bermain jadi tidak membosankan. Supaya kita2 juga menghargai sejarah … karena tanpa sejarah tidak ada masa depan .. itu kata orang bijak 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s