The Sound of Keroncong 2017

[Event]

17 Agustus 2017 – dimana Indonesia merayakan kebahagiaan di angka 72, kita pun merayakannya di salah satu mall di Bandung. Ih, mall? IYA! Lebih tepatnya di rooftop yang mereka punya, Ampitheater Sky Level Garden – Paris Van Java (PVJ). Lokasi yang beratap langit dan dipenuhi banyak tanaman ini cukup luas dan cocok untuk berbagai macam acara. Salah satunya hari kemarin, The Sound of Keroncong – nama acara yang kita datengin. Pas dateng kesana emang kerasa Indonesia-nya banget sih. Apalagi di tanggal yang tepat. Beneran seruuu!

Di meja registrasi, kita pun disuguhi berbagai macam menu makanan-minuman yang Indonesia banget, dari siomay, es cendol, kue ape, bandros, dan kopi panas. Kita lebih milih siomay dan es cendol untuk nemenin kita sebelum nonton acara ini. Rasanya? Ya enak lah, masa iya enggak πŸ˜›

The Sound of Keroncong adalah acara yang dibuat oleh Paris Van Java (PVJ) selama 5 hari, dari tanggal 16 – 20 Agustus 2017. Tujuannya adalah untuk melestarikan salah satu budaya Indonesia, yaitu musik keroncong. Dimana musik keroncong semakin dianggap musik yang ketinggalan jaman.

Acara ini menyuguhkan penampilan dari Rumput Band, musisi keroncong dari North Amerika. Eh tunggu, kok dari luar negeri sih? Ya. Mereka adalah musisi keroncong dari luar negeri yang cinta dengan budaya Indonesia. Sudah dua tahun mereka mempelajari musik keroncong dan mengikuti berbagai festival di dunia. Ini adalah kali pertama mereka datang ke Bandung dan menutup sementara perjalanan musiknya. Iya, mereka akan vakum untuk beberapa waktu kedepan karena anggotanya akan mendalami lebih lanjut pendidikan di bidang keroncong, gamelan, dan wayang di Indonesia.

SALUT!

Perform Rumput Band malam itu menyajikan lagu jali-jali, es lilin, walangkeke dan masih banyak lagi. Gak cuma sekedar perform, mereka pun menerima berbagai pentanyaan dari penonton. Interaksi yang cukup hangat dan terasa dekatΒ  kepada siapa saja yang datang.

Nah, bukan cuma Rumput Band, tapi ada juga penampilan dari dalang wayang yang sudah terkenal di Jawa Barat, yaitu Asep Berlian. Beliau pernah belajar secara langsung dengan dalang Asep Sunandar Sunarya. Penampilannya di malam itu cukup atraktif dan menghibur, kemudian dilanjut dengan tarian tradisional dari Sanggar Nuri yang semangat dan seru! Para penari ini pun pernah perform di Singapura loooh!

Selama 5 hari, event ini akan mengadakan perform sebanyak tiga kali dalam sehari. Silahkan teman-teman yang di Bandung cek instagram @pvjofficial untuk bisa hadir disana dan nonton secara langsung! Sebelum mereka vakum looooh yakan hehehe.

Merayakan 17-an memang bisa dengan apa aja ya, kemarin pun kita jadi belajar banyak, bahwa mencintai negara ini bisa dengan banyak hal. Salah satunya mengenal lebih dekat budaya yang ada, mengetahui lebih dalam apa yang sebenarnya sudah dipunya oleh negara ini. Kalau ada orang-orang luar negeri seperti Rumput Band cinta dengan belajar banyak disini, kita pun harus turut bangga dan semakin mengenal lebih jauh tentang Indonesia.

Kalau ada event-event seperti ini, dateng lagi yuuuk temen-temen! πŸ™‚

Info event : @pvjofficial
Info Rumput Band : @rumputband


Penulis : Aulia Fasya

Salam,
Tim hore
IG @jalanhorebdg

 

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. Adi Pradana says:

    Asik banet eventnya. Saya suka musik keroncong

    Like

    1. Iya asiiik, waa kalau suka harusnya dateng mas hehehe *tapi dah telat* πŸ˜›

      Like

  2. Keren ya, musik keroncong itu memory banget.

    Like

    1. Kita juga pertama kali nonton dan langsung bilang ini keren~ hehehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s