Bandung Planning Gallery ; Mengintip Bandung di Tiga Masa

[Wisata]

Siapa yang ga suka dateng ke tempat berwawasan edukasi tinggi lalu tempat itu gratis? Ya selama gratis dan menyenangkan udah pasti kita ga akan menolak untuk mendatanginya. Nah di Bandung ada satu lokasi wisata edukasi yang baru dibuka dan diresmikan tanggal 1 Agustus 2017 lalu, yaitu Bandung Planning Gallery (BPG).

BPG atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai Anjungan Perencanaan Kota ini letaknya di Jalan Aceh, tepat di sebelah Taman Sejarah. BPG ini bisa dikunjungi oleh siapapun, dengan jam operasional dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB dan istirahat dari pukul 12.00 sampai 13.00 WIB.

Sebelum kita masuk, ada meja registrasi dan kita registrasi dulu di komputer yang sudah disediakan, lalu dipersilahkan buat menyimpan barang-barang seperti tas di tempat penyimpanan, kayak di supermarket gitu lah hahaha tapi enak sih jadi ga perlu repot-repot bawa barang pas keliling galeri.

Di bagian depan ada instalasi purwarupa LRT (Light Rail Transit) tipe metro kapsul yang rencananya akan dibuat di kota Bandung. Jadi di instalasi ini kita bisa melihat seperti apa bentuk LRT yang seperti kapsul.

Nah kalo masuk ke bagian dalamnya ada anjungan khusus VR (Virtual Reality) yang memperlihatkan suasana kota Bandung di masa yang akan datang dengan menaiki LRT tadi. Jadi kita seolah-olah sedang berjalan menuju LRT kemudian menaikinya. Seru banget deh soalnya ini kali kita yang pertama coba main VR.

Di BPG ini pemerintah Kota Bandung ingin memperlihatkan seperti apa rencana pembangunan kota Bandung di masa depan dan juga yang sudah dibangun di masa sekarang. Tapi tidak hanya seputar masa sekarang dan masa depan, karena di salah satu anjungannya kita bisa melihat seperti apa kondisi kota Bandung di masa lalu.

Ada satu layar dimana kita bisa menjawab pertanyaan yang hasilnya adalah siapa kita di masa lalu, di layar tersebut akan ada wajah kita yang bergaya seolah-olah menjadi penduduk kota Bandung tempo dulu dengan berbagai macam profesi. Seruuu!

Di salah satu pojokan anjungan terdapat instalasi untuk menyuarakan aspirasi kita terhadap pembangunan kota Bandung di masa depan. Mau kasih kritik dan saran pun bisa kita tulis langsung di post it terus kita tempel deh di tembok yang sudah disediakan.

Bentuk temboknya juga bagus, artsy gitu jadi bisa dijadikan background foto. Tapi buat yang malas menulis, bisa langsung isi aspirasinya di layar monitor yang juga sudah disediakan di areal yang sama. Terus bisa pake foto kita gitu. Seru deh pokoknya. Oiya nama tempatnya adalah kubah ide! Karena bentuknya emang mirip kubah hehehe.

Ga cuma nambah wawasan soal pembangunan kota Bandung, tapi karena disini konsepnya galeri jadi bisa sambil foto-foto gitu. Buat yang mau tahu gimana Bandung di masa lalu, masa sekarang dan masa depan bisa main-main ke Bandung Planning Gallery yaaa!

Lokasi :
Bandung Planning Gallery
Jalan Aceh no. 36 (sebelah Taman sejarah)

Jam buka : 09.00 s/d 16.00
Instagram : @bdgplanninggallery
Website : bdgplanninggallery.com

Nb : Tempat ini bisa saja mengalami perubahan, harap dibaca tahun penulisan postingannya ya.


Penulis : Anggietta Kustina

Salam,
Tim hore
IG @jalanhorebdg

 

Advertisements

7 Comments Add yours

  1. Weew keren banget sih ini, sampe ada vr nya juga 😁

    Liked by 1 person

    1. jalanhorebandung says:

      Asliiik, seneng banget kita hahaha

      Like

  2. Gara-gara kerja jadi gak ikutan kesini! #nyalahin

    Liked by 1 person

    1. jalanhorebandung says:

      ayo tar kesini lagi!

      Like

  3. bersapedahan says:

    baru tahu ada tempat ginian di bandung .. keren pisan euy ….
    kapan2 kesini ahh .. nuhun infona

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s