Berakhir Pekan di Bekraf Festival 2017

[Event]

Di Bandung, hari Kamis tanggal 7 Desember 2017 sampai hari Minggu tanggal 10 Desember 2017 ada satu acara yang serunya keterlaluan, namanya BEKRAF FESTIVAL 2o17. Ringan dan padat. Kenapa kita bilang gitu? Karena acaranya beneran santai tapi kontennya banyak, semuanya menarik dan bahkan menyuguhkan ilmu-ilmu penting yang bisa diserap dengan cuma-cuma, apalagi buat kita-kita yang mau bergelut di bidang ekonomi kreatif.

BEKRAF FESTIVAL 2o17 ini diadakan di dua tempat, tapi masih deketan, tinggal koprol aja, ya kalo bisa koprol sih itu juga. Tempat pertama di Bandung Creative Hub, tempat kedua di Gudang Persediaan PT. KAI Bandung.

Buat yang belum tahu, sebenarnya BEKRAF itu apa sih? Jadi BEKRAF itu singkatan dari Badan Ekonomi Kreatif yang merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang pertama kali dibentuk oleh Presiden Joko Widodo dan dikepalai oleh Triawan Munaf yang dilantik oleh Presiden sendiri pada tanggal 26 Januari 2015.

BEKRAF ini memiliki tugas untuk membantu Presiden dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang di dalamnya terdapat 16 sub sector, mulai dari fashion, film, fotografi, kuliner, seni rupa sampai media televisi dan radio. Dan untuk BEKRAF FESTIVAL 2o17 ini sendiri diselenggarakan sebagai ajang pameran untuk memperkenalkan kepada masyarakat capaian kinerja BEKRAF selama dua setengah tahun berkarya.

Untuk konten acara BEKRAF FESTIVAL 2o17 ini sendiri seperti yang udah kita bilang tadi, isinya ringan dan padat, karena sajian acara yang disuguhkan terdiri dari berbagai macam format, seperti sharing session, video mapping, pertunjukan musik, pemutaran silent movie dengan live scoring yang berjudul Semesta Bandung, talkshow, pameran dan masih banyak yang lainnya.

Buat acara sharing session ini diadakan di Bandung Crative Hub, tempatnya enak banget tapi sayang belum dibuka buat umum kecuali kalo lagi ada acara gini. Padahal kita pengen banget lho dikasih workspace disini satu kubikel aja gitu wkwkwk siapa tahu dibaca sama pengelolanya ya terus kita dapet deh satu space. Gedungnya kan bagus gitu eksterior dan interiornya, BCH ini bisa jadi salah satu ikonik kota Bandung juga nih.

Itu tulisan yang ditebelin, sengaja banget gituloh. Hehe.

Sharing session yang kita datangi di hari pertama adalah tentang Building Fashion Ecosystem in Indonesia dan Building Culinary Ecosystem (Molecular Gastronomy) in Indonesia. Buat hari kedua, sharing session yang kita datangi adalah tentang Building Art and Craft Ecosystem in Indonesia dan Building Digital Marketing Ecosystem in Indonesia. Ingin ngasih tepuk tangan ih sharing sessionnya sungguhan menginspirasi. Jadi ingin bergelut aja gitu di bidang ekonomi kreatif soalnya banyak hal yang bisa dieksplor di Indonesia ini.

Setelah acara sharing session usai kita mampir tuh ke pamerannya di Gudang Persediaan PT. KAI. Awalnya mendung dan hujan rintik-rintik, tapi kita tetep semangat foto-foto di depan mural-mural cantiknya. Setelah puas pose ini itu, boomerang disana-sini, kita masuk ke area pameran. Banyak konten menarik di area pameran ini, salah satunya Kubah Mini Planetarium gitu. Kita bisa merasakan masuk ke planetarium mini dan terbang ke luar angkasa lihat bintang-bintang dan fenomena nebula juga aurora. Gak usah jauh-jauh ke Iceland, kita udah lihat Aurora Borealis sebegitu nyatanya hahahaha btw kita nontonnya sambil tiduran gitu lho seru deh pokoknya.

Buat yang lapar dan haus, tenang aja karena disini banyak pilihan buat jajan-jajan. Kemarin, kita mampir ke booth Abraham and Smith buat beli Spiritual Iced Coffee. Ini iced coffee enak banget sampe bikin pengen nangis pas minumnya wkwkwk lebay, tapi kita abis tiga gelas iced coffee plus satu gelas thai teanya. Pan kapan kita main langsung coffee shopnya ah. Kita menghabiskan iced coffee sambil ngobrol serius tentang hidup, ciye gaya bener.

Fyi, kita datang 3 hari diantara 4 hari acara Bekraf ini. Huwooo dan pas hari terakhir ini kita nonton Danilla dan Mocca. Ya walau hanya menikmati suara merdu Arina dari kejauhan karena area penonton penuh banget. Ini salah satu tanda kalo BEKRAF FESTIVAL 2o17 ini telah berhasil diselenggarakan, karena hujanpun tidak turun, jadi semua senang. Semoga tahun depan bisa dibuat acara serupa lagi yaa disini.

Info event :
@bekrafestival
@bekraf.go.id

Lokasi :
– Bandung Creative Hub : Jalan Laswi no. 5
– Gudang Persediaan PT. KAI Bandung : Jalan Sukabumi no. 20.


Penulis : Anggietta Kustina

Salam,
Tim hore
IG @jalanhorebdg

Advertisements

7 Comments Add yours

    1. jalanhorebandung says:

      Isi berapa? *eh

      Like

  1. Perdana banget ke acara ginian, seru juga! Yang awalnya ragu mau nonton Mocca malah jadi nonton walaupun dari kejauhan hahaha 😀
    Best of the best-nya sih bagian minum Spiritual Iced Coffee sampai nambah cup kedua dan ngobrol-ngobrol ditemenin senja. Love ❤

    Like

    1. jalanhorebandung says:

      Ya da emang acaranya juga perdana ai teteh ih hahahahahahaha *digebuk* parah ih batur mah mabok yang lain, kita mah mabok kopinya Abraham Smith 😛

      Like

  2. kegagalau says:

    Pasti stand di sana menginspirasi semua. Pengen ikut datang acara beginian :’)

    Like

    1. jalanhorebandung says:

      Iyaaa, seru2 semua. Moga nanti ada lagi acara kaya gini 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s