Seru-seruan di Festival Hari Buku Anak Vol II

[Event]

WAH GILAK INI ACARA APA KENAPA GEMAS-GEMAS YA.

Pantesan ngundang kita, soalnya kita gemas. Hahahahaha.

*kabur pake otopet*

Festival Hari Buku Anak Vol II (seterusnya akan disingkat FHBA) adalah sebuah acara tahunan dari Pustakalana Library. Sebuah perpustakaan anak dan ruang terbuka yang berjalan sejak 1 Desember 2015 di Kota Bandung. Keberadaan Pustakalana ini bisa menjadi tempat orang tua (atau pendamping anak lainnya) untuk meluangkan waktu bersama anak seperti membaca, bermain, atau saling bertukar pikiran.

Mengulang keseruan tahun lalu, Pustakalana kembali menggelar FHBA – sebagai perayaan hari buku sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April, dan tentu saja untuk memperkenalkan kepada anak-anak sebuah pengalaman yang menyenangkan dengan buku. FHBA tahun ini terlaksana pada Hari Minggu, 22 April 2018 di Lapangan Cinta ITB. Acara berlangsung dari jam 08.08 – 16.16.

Btw, hari itu langitnya cantik, panas tapi gak terik, mendung tapi gak hujan. Daaan ini dia keseruan FHBA Vol II yang sempat kita abadikan.

Di Festival ini, terdapat beberapa area kegiatan, panggung pertunjukan, book-based area, play area, reading corner area, workshop area, dan area instalasi publik. Pas kita datang, setiap area penuh dengan keceriaan anak-anak. Panggung gak pernah sepi, begitupun dengan penontonnya. Play area apalagi, anak-anak yang gak saling kenal jadi kaya udah akrab karena main bareng. Waaaaa kita yang keliling benar-benar merasakan energi positif waktu mampir kesini.

Di book based area, banyak pilihan yang bisa dilihat dan tentu dibeli. Dari buku sampai mainan. Ada sudut face painting juga yang selalu rame karena banyak anak-anak yang antri pengen mukanya digambar lucu-lucu. Ada juga sudut lainnya, mewarnai di balok kecil yang hasilnya bisa dipajang. Anak-anak seru milih warna dan gambarnya.

Wagelaseh pengen antri di antara anak-anak ini tapi maluk HAHAHA.

Gak cuma sekedar festival buku, acara ini mengajak kita untuk mengurangi penggunaan plastik. Pengunjung disarankan membawa tempat makan dan minum sendiri. Gerakan ini diinfokan lewat media sosialnya. Gak cuma pengunjung, begitupun dengan beberapa booth makanan yang tersedia disana. Ada beberapa booth yang menggunakan kertas dan tumbler yang bisa dibawa pulang, ya walau masih ada yang menggunakan plastik sekali buang. Tapi setidaknya, ada gerakan kecil yang sudah dibuat oleh panitia. Gewwwd!

Eits gak cuma itu, ada area bermain anak-anak yang terbuat dari kardus! Ini super unik sih, karena kardus-kardus ini disulap jadi lorong-lorong buat anak-anak dan banyak banget yang main disana.

Keseruan dari FHBA ini gak cuma dirasakan oleh anak dan orang tua yang datang, tapi banyak pihak seperti komunitas dari berbagai macam jenis turut berpartisipasi di sini. Sehingga, tujuan yang ingin disampaikan dari adanya acara inipun bukan cuma untuk masyarakat saja, tetapi juga untuk banyak pihak yang sama-sama ingin berkontribusi dalam literasi anak.

Puti Ceniza Sapphira (Chica), Managing Director Pustakalana Children’s Library berharap melalui Festival ini, buku dapat menjadi bagian dari kehidupan anak dimana tidak hanya sebagai sumber pengetahuan yang kaku tapi juga untuk memperkaya mereka dengan imajinasi liar, bebas, semarak, juga ceria, dan penuh harapan. Kami yakin bahwa setiap anak perlu untuk mengenal buku sejak dini.

Sedangkan Urfa Ramadhan, Ketua Festival Hari Buku Anak 2018 berharap dengan adanya konsep festival, maka kami harap pesan kami lebih mudah tersampaikan karena diadakan di luar ruangan, untuk mewakili keramaian, kesenangan, dan kebebasan sebagai kunci kreativitas.

Cuuung yang kemarin kesini jugaaaak? Diatas ada video #1minutejalanhore di instagram, tinggal klik untuk tahu keseruan acara FHBA kemarin. Dan semoga acara bagus kaya gini gak cuma di Bandung ya, semoga kota-kota lain juga bisa melakukan yang sama atau bahkan lebih keren πŸ˜€ See you again FHBA!

————————–

Untuk informasi mengenai FHBA dan Pustakalana, silahkan klik tautan dibawah sini.

  • Festval Hari Buku Anak – Bandung >> @festivalbukuanak
  • Pustakalana Library >> @pustakalanlibrary
  • Lokasi Pustakalana >> Simpul Space, Bandung Creative City Forum, Jalan Taman
    Cibeunying nomor 5, Bandung.

Penulis : Aulia Fasya

Salam,
Tim hore
IG @jalanhorebdg

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Vera says:

    seru nih main2 nya Kak Fasha dan ciwi2nya 😊

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s