5 Tempat Outdoor Wedding di Bandung

Siapa di sini yang mau nikah? Ayo ayo acungkan tangannya…! Disclaimer yaa, tulisan ini dibuat oleh seseorang yang belum menikah tapi alhamdulillah sudah berpengalaman dalam mengurusi pernikahan orang lain karena tuntutan pekerjaan.

———————–

Buat yang sedang merencanakan perhelatan akbar untuk merayakan acara pernikahan, salah satu hal yang wajib dicari dari jauh-jauh hari adalah tempat alias venue. Kadang tanggal pernikahan bukan lagi ditentukan oleh perhitungan sesepuh atau tanggal baik, tapi juga ditentukan sama ketersediaan tanggal berdasarkan tempatnya, sudah dibook orang lain atau masih available.

Nah, belakangan ini di Bandung lagi trend perayaan pernikahan di tempat outdoor. Karena biasanya kalo bikin pesta pernikahan outdoor, selain mencari pemandangan yang menyegarkan karena ini kan Bandung yaa, tapi juga bisa bikin sang pengantin eksplor dekorasi yang dipakai. Dekorasinya bisa pakai tema rustic, bohemian atau ecletic juga bisa kalo tempatnya outdoor.

Berikut penulis coba bikin list 5 tempat di Bandung yang recommended buat dijadikan venue pernikahan outdoor. Mari kita mulai sebutkan satu-persatu. Siap-siap yaaa…!

1. Bumi Samami
Jl. Terusan Cigadung no. 15

Lokasinya cukup strategis. Fasilitasnya cukup lengkap, parkirannya juga luas. Ada satu area gedung yang bisa dipake buat akad nikah kalo prosesi akadnya mau indoor. Jadi bisa cobain dua-duanya, indoor iya dan outdoor juga. Tapi ada yang disayangkan, biasanya bikin acara wedding itu kan weekend yaa, nah akses jalan ke Bumi Samami ini cukup padat. Tapi kalo jago cari jalan tikus (mon maap bu, kan ada Waze ya sekarang mah), bisa sampai dengan aman damai dan tentram kok ke venue ini.

Bocoran tips dan trik untuk calon pengantin yang mau nikah di sini, kalo mau pake pelaminan jangan bikin panjang-panjang yaaa. Karena areanya landai, jadi nanti miring gitu kalo bikin pelaminannya kepanjangan. Dan satu lagi, kalo bikin pesta pernikahannya di musim penghujan, ingat, sedia payung sebelum hujan. Alias bikin tenda juga, sekalipun outdoor, mau cari matahari atau bulan, kenyamanan tamu undangan harus diutamakan.

2. Bumi Sangkuriang
Jalan Kiputih no. 12 (Ciumbuleuit)

Siapa yang ga tahu Bumi Sangkuriang? Tempatnya enak banget, luas. Kalo tamunya banyak bisa banget pake venue ini. Kayak mau bikin konser aja gitu, kebetulan penulis pernah nonton acara musik di sini dan enak banget. Sampai akhirnya merasakan satu pesta pernikahan di venue ini, udahlah enak banget beneran ga bohong. Tapi ya berhubung lokasinya ada di jalur yang tidak luput dari kemacetan kota Bandung, jadi harus pintar-pintar memilih waktu atau bikin alternatif parkir di beberapa titik. Kan tahu sendiri yaa, nanti kita bakalan rebutan jalan sama pengunjung kafe-kafe di sekitar Ciumbuleuit.

Tapi beneran deh ga bohong, tempatnya top markotop. Adem, ada area indoornya juga bisa dimanfaatkan. Kalo sesepuh ga kuat untuk ada di luar ruangan, jangan sedih, kita bisa kasih mereka space yang nyaman. Kapasitasnya udah ga perlu diragukan, luas banget. Mau bikin 2000 undangan pun bisa-bisa aja. Tapi disarankan kalo lebih dari itu kita bikin sistem pembagian undangan jadi dua sesi, mengingat tempat parkirnya yang terbatas dan akses jalan yang kecil takutnya membludak dan membuat kemacetan.

3. Maxi’s Resto
Jalan Gunung Agung no 8 (Ciumbuleuit)

Agak melipir dikit dari Bumi Sangkuriang, ada Maxi’s Resto. Dengan skala yang lebih kecil, namun masih sangat nyaman untuk dijadikan tempat wedding outdoor yang intimate gitu. Jangan khawatir juga, di sini ada area indoornya, jadi sesepuh bisa kita persilahkan menikmati pesta di area ini. Tema apapun kalo mau nikah di area outdoornya Maxi’s Resto masuk banget. Rustic bisa, ecletic bisa, bohemian juga. Dan ga perlu mikirin catering lagi yaa karena kalo pake venue ini udah include cateringnya, jadi sepaket gitu sama tempat.

Salah satu yang recommended dari Maxi’s Resto adalah bakalan ada ruangan yang bisa dipake pengantin kalo mau make up di venue. Dan buat keluarga yang nunggu juga ada tempat yang disediakan. Jadi ga perlu repot sewa kamar di hotel sekitar. Makanannya juga enak-enak. Namun, berhubung lokasinya ada di daerah rawan macet, jadi yaa harus pinter-pinter mengatur waktu. Tapi overall, bikin wedding di sini enak banget.

4. Peta Park
Jalan Peta no. 229
Deket mall Festival City Link.

Beda halnya sama tiga tempat yang sudah disebutkan di atas, Peta Park adalah salah satu venue yang belum pernah didatangi penulis sebagai venue pernikahan. Tapi pernah main di sini dan memimpikan untuk menjadikannya sebagai venue wedding outdoor idaman. Kenapa? Tempatnya hijau, adem, seger. Ada area indoornya juga kayak chapel kaca-kaca gitu. Indah dipandang jadi kalo foto-foto di situ pasti bagus banget.

Parkiran aman, kapasitas aman untuk undangan dalam jumlah banyak. Tapi kadang yang bikin wedding outdoor pasti pengennya intimate yaa, jadi 500 undangan pun cukup dan malah bikin nyaman banget untuk berdiam lama-lama di venue ini.

5. Pine Hill
Cibodas, Kab Bandung Barat

The last one…! *drum roll* Yaaa tempatnya bukan di tengah kota Bandung. Tapi masuk di Kabupaten Bandung Barat. Ga bohong yaaa buat yang cari venue wedding outdoor, it should be on the list banget! Enak banget enak banget enak banget tempatnyaaa. Duh sampe tiga kali bilang enak bangetnya. Kebetulan Pine Hill ini pernah dipake beberapa orang ternama di Indonesia, sebut saja Andien Aisyah dan Ippe, Syahnaz (adiknya Raffi Achmad), dan masih hot banget nih kemarin, pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni pun jauh-jauh nikah di sini.

Untuk venue, udah lah yaa ga usah diragukan lagi. Maksimal memang untuk 1000 orang (maksimal banget). Kan lagi-lagi kembali ke outdoor wedding identik dengan intimate wedding, jadi undangannya ga perlu banyak-banyak. Kenapa? Karena area parkir di Pine Hill hanya memuat maksimal 80 mobil. Terus akses jalannya juga sempit banget, dan mengingat ini ada di Lembang yaa jadi ya cukup PR.

———————–

Yaaa sepertinya sudah cukup yaa, karena sudah 5 tempat yang disebutkan. Buat yang sedang berburu tempat, selamat survey-survey yaaa! Buat yang cari wedding organizer, boleh hubungi penulis 😛

Goodluck…!


Penulis : Anggietta Kustina

Foto : Peta Park, Owlsome Project, Polar, dan Kubik Photography.

Salam,
Tim hore
IG @jalanhorebdg

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s