Kenyang Aja Gak Cukup #jajandarirumah

Menu makanan manis untuk #jajandarirumah ataupun untuk berbuka puasa, sudah ditulis ditulisan sebelumnya, bisa dibaca di sini. Sekarang, saatnya jajan makanan yang mengenyangkan dan cemilan-cemilan yang dimana — saya pribadi kalau abis makan nasi tetap aja ngarep ada makanan yang lain, enggak paham mulut maunya ngunyah mulu. Eh tapi, pasti ini dilakukan banyak manusia di muka bumi kan? Yauda, kita sama 😛

1. Four C’s Café & Resto

Four C’s adalah sebuah cafe dan resto yang terletak di Jalan Dipatiukur, lokasi yang strategis bagi konsumen yang butuh ruang untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan, dan bisa juga jadi tempat hangout. Berdiri sejak 2019 dan masih eksis sampai hari ini. Di mata saya, mereka cukup cermat dalam melihat kondisi, salah satu kafe yang mampu beradaptasi di tengah keadaan seperti covid-19 ini.

Hal ini dikarenakan, sejak pandemi hadir di tengah-tengah kehidupan, mereka mengeluarkan beberapa menu baru khas masakan rumahan — yang bisa langsung disantap dan harganya aman di kantong. Atau bisa juga pesan yang frozen food, jadi makanannya tinggal dipanasin aja. Sungguh praktis dan efisien! Tapi, yang jadi sorotan, bukan cuma itu. Makanan yang mereka jual, emang beneran enak! Dikasih tanda seru saking enaknya.

Makanan dan minuman yang sampai di rumah saya adalah ayam sambal matah, ayam bakar balelol. sapo tahu, dan es kopi susu pandan. Ini buka puasa terasa mewah padahal cuma #jajandarirumah.

Saya bukan penyuka ayam sambal matah, tapi masih bisa saya makan dengan menyingkirkan bagian serai dan melahap bagian cabai. Walau sambal matah ini cuma hadir di bagian luar, tapi rasa ayamnya pun udah gurih dan wangi. Ada lagi ayam lainnya, yaitu ayam sambal balelol yang setelah saya icip, ini adalah ayam bumbu lada hitam yang super gurih dan rasanya pedas manis. Bumbunya meresap sampai ke bagian daging ayamnya, di luar pun disiram lagi dengan banyak bumbu. Gak pelit sama sekali. Apakah saya cuma makan ayam-ayam-an? Oh tentu tidak. Karena ada sapo tahu — yang alhamdulillah tofunya dipisah dengan kuah. Di dalam kuahnya sendiri sudah ada beberapa sayur seperti kembang kol, wortel, sawi hijau, dan… udah sih itu aja. Menurut lidah saya yang bukan chef alias cuma rakyat icip icip, kuahnya agak keasinan sedikit. Tapi bukan persoalan sih, karena tinggal saya tambahin air mineral sedikit, rasanya jadi pas (buat saya). Oiya, menu ayam dan sapo tahu ini bisa untuk dua orang. Jadi kepada suami istri yang di rumahnya cuma berdua aja, cobain deh kali-kali gak usah masak, beli aja udah 😛

Terakhir, saya juga icip es kopi susu pandan yang… yang… yang… teksturnya lembut sekali, tidak terlalu manis, dan tentu saya habiskan! Soalnya emang tekstur es kopi yang lembut banget begini, cocok banget di lidah saya, kaya pas masuk tuh langsung assalamualaikum gitu ke tenggorokan. Enaaaa~

Kontak dan order:
Instagram: @fourcs.id
Whatsapp: 081220732758
Harga: dibawah Rp. 50.000
Pengiriman: takeaway via grabfood / gofood (Four C’s Cafe & Resto)

2. Amani’s Kitchen

Kalau di no 1 ada masakan dari kafe dengan harga yang murah tapi gak murahan. Nah di no 2 ada masakan homemade yang dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Sebelum ada pandemi covid-19 dan bulan Ramadan, masakan rumahan yang dijual dari obrolan dari satu orang ke satu orang lainnya ini, selalu menerima banyak pesanan setiap harinya. Menu masakannya bisa dicek di instagram atau di status whatsapp pemiliknya, setiap hari menu masakannya akan ganti-ganti, tapi bisa juga order sesuai pesanan konsumen. Kalau saya sebutin menunya di sini ya ampun buanyak! Nih ya beberapa menunya:

Ayam saos mentega, paru balado, tumis cumi asin pedas, cumi tinta hitam (balakutak), bakso goreng, bakso pentol pedas, terong goreng cabe garam, teri balado, tongkol suwir pedas, nasi ayam katsu, tulang jambal pedas, ayam rica, capcay, sempol ayam, dan masih banyak lagi. Sehubungan dengan menu masakan rumahan, jadi porsi mereka emang buat makan di rumah bersama keluarga atau makan siang di kantor sama teman-teman. Ada dua pack, pack kecil untuk dua atau tiga orang, dan pack besar untuk lima orang  atau lebih. Intinya, di Amani’s Kitchen bisa menyesuaikan pesanan kalian.

Kalau ditanya saya udah coba apa aja, hmmm buanyak! Favorit saya tumis cumi asin pedas dan ayam rica. Suka sama keduanya karena kaya akan bumbu. Pernah juga pesan bakso pentol pedas ya ampun enaaaak bangeeeet! Soalnya baksonya bikin sendiri, dan empuk! Saya pernah jajan bakso pentol di tempat lain, baksonya agak keras walaupun bumbunya enak. Jadi pas digigit hadeeeh kurang cihuy gitu~

Kontak dan order:
Instagram: @amaniii_kitchen
Whatsapp: 08112341456
Harga: Rp. 15.000 – Rp. 50.000 (tergantung menu)
Pengiriman: grabsend / gosend

3. Cemile Snacks

Abis makan kenyang terus apalagi? Ada dong! Cemilan kriuk-kriuk dari Cemile Snacks. Menu paling hits dari Cemile adalah jajanan orang sunda bernama cimol alias aci digemol, artinya digemol itu dibikin dalam bulat-bulat kecil. Iya, karena kalau besar namanya bakso! (kok ngegas neng? hahaha maap)

Cimol dari Cemile ada 2 varian, yaitu original (20.000) dan keju (35.000). Cimolnya ini homemade, pakai bahan premium dan pakai adonan kaldu tanpa msg. Jadi, kalau dimakan untuk anak-anak, masih tetap aman. Tapi… kalau makannya ditabur pakai bumbu yang udah tersedia, layaknya bumbu cimol yang sudah pasti dikasih bumbu, itu baru ada msg-nya. Jadi, saran saya kalau mau pake bumbunya, sedikit aja dulu taburinnya, soalnya pengalaman kemarin langsung ditabur begitu saja ya ampun keasinan dan kepedesan 😛

Oiya, cimolnya tinggal digoreng di rumah saja ya, terserah mau rumah siapa, bebas.

Selain cimol, Cemile punya snack kriuk kriuk lainnya. Ada banyak macam keripik yang dijual: makaroni, kacang atom, sumpia (isi udang kering pedas), kerupuk seblak (cocok banget dimakan bareng mie instan atau bakso) dan ada juga keripik pangpang yang bentuknya kotak-kotak kecil rasanya pedas manis. Diantara pilihan menu kriuk-kriuk, yang best seller adalah makaroni. Sehubungan saya suka banget makaroni sejak dulu, makaroni di Cemile emang cocok sama lidah saya, alasan nomor satunya adalah… gak keras alias super kriuk. Aman banget buat gigi hahahahaha. Saya udah nyoba banyak makaroni dari yang pedas aja sampai pedas banget, dari yang kriuk kaya gini sampai yang kerassss dan makannya bikin emosi. Anyway, makaroninya Cemile gak terlalu pedas, jadi aman banget buat yang gak suka pedas tapi mau icip-icip pedas gurih,.

NB: Cemile menerima paket paket hampers, bisa mix cimol dan keripik.

Kontak dan order:
Instagram: @cemile.snacks
Whatsapp: 081222205331
Harga: Rp. 20.000 – Rp. 35.000
Pengiriman: grabsend / gosend / paxel

4. MamRan Kitchen

Cemilan lainnya yang bisa kalian icip adalah menu-menu dari MamRan Kitchen, mereka jual lasagna, sempol ayam, chicken egg roll, sosis solo, puding buah, dan brownies. Bener-bener cemilan yang mengenyangkan bukan? Apalagi menu yang ditawarkannya ada berbagai pack, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Dua menu best seller dari MamRan Kitchen adalah lasagna dan brownies.

Lasagnanya bertaburan keju mozarella di setiap lapisan pastanya. Saus daging dalam lasagnanya juga dibuat dari buah tomat yang sudah dihaluskan, jadi gak cuma sekadar pakai saus-saus instant. Ada tiga ukuran lasagna yang dijual mereka: small, medium, large. Enak banget kalau ada menu yang jual ukuran kecil tuh, lebih praktis!

Nah untuk makanan manisnya, MamRan Kitchen punya brownies yang dibikin dengan bahan premium, mereka sering menyebutnya “nyoklat abis!” tapi emang iya, soalnya variannya pun emang serba coklat: ada chunkybar, silverqueen, choco chip, dan dark chocolate. Hmmm maap nih yang ngiler dan baca saat siang-siang bulan puasa sabar dulu aja yaaa.

Kontak dan order:
Instagram: @mamrankitchen
Whatsapp: 085793714575
Harga: Rp. 15.000 – Rp. 150.000
Pengiriman: grabsend / gosend

—————————————–

Sekian pilihan produk makanan yang bisa kalian beli dengan #jajandarirumah, gak perlu kemana-mana, gak perlu repot-repot, cukup pesan, bayar, makan, saja. Informasi kontak dan media sosial dari setiap produk sudah dicantumkan juga ya. Urusan traktir saya masih tetap di halaman donasi saweria. Kalau suka tulisannya dan mau tetap mendukung tulisan-tulisan saya silakan berikan dukunganya ya. Terima kasih ❤

Oiya, teman-teman paling ngiler lihat menu makanan yang mana niiiiiih?

2 Comments Add yours

  1. apemcomal says:

    cumi dari amani, rasanya wajib coba.

    Like

    1. jalanhorebandung says:

      coba kak coba~ pake nasi kak~

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s